Media
sosial adalah kolektif saluran komunikasi online yang didedikasikan
untuk input, interaksi, konten-sharing dan kolaborasi berbasis
masyarakat. Situs web dan aplikasi yang didedikasikan untuk forum, microblogging,
jaringan sosial, bookmark sosial, kurasi sosial, dan wiki adalah salah
satu jenis media sosial.
Berikut adalah beberapa contoh yang menonjol dari media sosial:
Facebook
adalah situs jejaring populer gratis sosial yang memungkinkan pengguna
terdaftar untuk membuat profil, upload foto dan video, mengirim pesan
dan tetap berhubungan dengan teman-teman, keluarga dan kolega. Menurut statistik dari Grup Nielsen, pengguna internet di Amerika
Serikat menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook daripada website
lain.
Twitter
adalah layanan microblogging gratis yang memungkinkan anggota terdaftar
untuk menyiarkan tulisan pendek yang disebut tweets. anggota twitter dapat menyiarkan tweet dan mengikuti tweets pengguna lain dengan menggunakan berbagai platform dan perangkat.
Google+
(diucapkan Google plus) adalah proyek jejaring sosial Google, yang
dirancang untuk meniru cara orang berinteraksi secara offline lebih
dekat daripada yang terjadi di layanan jejaring sosial lainnya. Slogan proyek ini adalah "berbagi kehidupan nyata dipikirkan kembali untuk web."
Wikipedia
adalah gratis, terbuka ensiklopedia online konten yang dibuat melalui
upaya kolaboratif dari komunitas pengguna dikenal sebagai Wikipediawan. Siapapun yang terdaftar di situs dapat membuat sebuah artikel untuk publikasi; pendaftaran tidak diperlukan untuk mengedit artikel. Wikipedia didirikan pada bulan Januari 2001.
LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang dirancang khusus untuk komunitas bisnis. Tujuan dari situs ini adalah untuk memungkinkan anggota terdaftar
untuk membangun dan jaringan dokumen orang yang mereka kenal dan percaya
profesional.
Reddit adalah sebuah situs berita sosial dan forum di mana cerita secara sosial curated dan dipromosikan oleh anggota situs. Situs ini terdiri dari ratusan sub-komunitas, yang dikenal sebagai "subreddits." Setiap subreddit memiliki topik tertentu seperti teknologi, politik atau musik. Reddit anggota situs, juga dikenal sebagai, "redditors," mengirimkan konten yang kemudian divoting oleh anggota lain. Tujuannya adalah untuk mengirim cerita dianggap baik ke atas halaman thread utama situs.
Pinterest adalah situs kurasi sosial untuk berbagi dan mengkategorikan gambar ditemukan secara online. Pinterest membutuhkan deskripsi singkat tapi fokus utama dari situs ini visual. Mengklik
gambar akan membawa Anda ke sumber aslinya, jadi, misalnya, jika Anda
klik pada gambar sepasang sepatu, Anda mungkin akan dibawa ke sebuah
situs di mana Anda dapat membeli mereka. Gambar dari blueberry pancake mungkin membawa Anda ke resep; gambar dari sangkar burung aneh mungkin membawa Anda ke instruksi.
Brian Solis menciptakan grafik media sosial berikut, yang dikenal
sebagai prisma percakapan, untuk mengkategorikan situs dan layanan
sosial ke dalam berbagai jenis media sosial.
Sosial media menjadi bagian integral dari kehidupan online sebagai situs sosial dan aplikasi berkembang biak. Kebanyakan media online tradisional termasuk komponen sosial, seperti bidang komentar untuk pengguna. Dalam bisnis, media sosial digunakan untuk memasarkan produk,
mempromosikan merek, terhubung ke pelanggan saat ini dan menumbuhkan
bisnis baru.
analisis
media sosial adalah praktek pengumpulan data dari blog dan social media
website dan menganalisis data untuk membuat keputusan bisnis. Penggunaan paling umum dari analisis media sosial adalah untuk
menambang sentimen pelanggan untuk mendukung kegiatan pemasaran dan
layanan pelanggan.
Pemasaran
sosial media (SMM) mengambil keuntungan dari jaringan sosial untuk
membantu peningkatan perusahaan eksposur merek dan memperluas jangkauan
pelanggan. Tujuannya biasanya untuk membuat konten yang cukup menarik bahwa pengguna akan berbagi dengan jaringan sosial mereka.
Salah satu komponen kunci dari SMM adalah sosial media optimasi (SMO). Seperti mesin pencari optimasi (SEO), SMO adalah strategi untuk menarik pengunjung baru dan unik untuk sebuah website. SMO dapat dilakukan dengan dua cara: dengan menambahkan link media
sosial untuk isi seperti RSS feed dan tombol berbagi, atau dengan
mempromosikan kegiatan melalui media sosial melalui update status,
tweets, atau posting blog.
Sosial CRM (customer relationship marketing) dapat menjadi alat bisnis yang sangat kuat. Misalnya,
mendirikan sebuah halaman Facebook memungkinkan orang yang suka merek
Anda dan cara Anda melakukan bisnis untuk Like page Anda, yang
menciptakan tempat untuk komunikasi, pemasaran dan jaringan. Melalui situs media sosial, Anda dapat mengikuti percakapan tentang merek Anda untuk data pasar real-time dan umpan balik.
Dari
perspektif pelanggan, media sosial membuatnya mudah untuk mengatakan
perusahaan dan orang lain tentang pengalaman mereka dengan perusahaan
itu - apakah pengalaman-pengalaman baik atau buruk. bisnis juga dapat merespon sangat cepat umpan balik positif dan
negatif, hadir untuk masalah pelanggan dan mempertahankan, mendapatkan
kembali atau membangun kembali kepercayaan pelanggan.
Perusahaan
jejaring sosial memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan individu
yang berbagi kepentingan bisnis yang sama atau kegiatan. Internal,
alat sosial dapat membantu karyawan mengakses informasi dan sumber daya
yang mereka butuhkan untuk bekerja sama secara efektif dan memecahkan
masalah bisnis. Secara eksternal, publik platform media sosial membantu organisasi
tetap dekat dengan pelanggan mereka dan membuatnya lebih mudah untuk
melakukan penelitian yang dapat mereka gunakan untuk meningkatkan proses
bisnis dan operasi.
Media sosial juga sering digunakan untuk crowdsourcing. Pelanggan
dapat menggunakan situs jejaring sosial untuk menawarkan ide-ide untuk
produk atau tweak masa depan untuk orang-orang saat ini. Dalam proyek TI, crowdsourcing biasanya melibatkan bisnis menarik dan
blending dan layanan IT dari campuran penyedia internal dan eksternal,
kadang-kadang dengan masukan dari pelanggan dan / atau masyarakat umum.
Di sisi lain, integrasi media sosial dalam dunia bisnis juga dapat menimbulkan tantangan. kebijakan
media sosial yang dirancang untuk menetapkan harapan untuk perilaku
yang tepat dan memastikan bahwa posting seorang karyawan tidak akan
mengekspos perusahaan untuk masalah hukum atau malu publik. Kebijakan
tersebut meliputi arahan ketika seorang karyawan harus mengidentifikasi
dirinya sebagai wakil dari perusahaan pada situs jejaring sosial, serta
aturan untuk apa jenis informasi dapat dibagi.
Belum ada tanggapan untuk "Apa Yang Dimaksud Dengan Media Sosial"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungannya sobat,yang telah mampir di blog Mysozmed.jika ada hal yang ingin ditanyakan atau sekedar memberikan kritikan dan saran,silahkan sobat berkomentar dibawah ini.dengan catatan tidak melakukan spam,berkata tidak sopan atau memasang link aktif maka komentar sobat tidak akan di publish.oke sekian dan terima kasih.byebye