Beranda · About · Kontak · Privacy Policy Terms Of Service Disclaimer Daftar Isi

Apa Yang Dimaksud Dengan Media Sosial

Media sosial adalah kolektif saluran komunikasi online yang didedikasikan untuk input, interaksi, konten-sharing dan kolaborasi berbasis masyarakat. Situs web dan aplikasi yang didedikasikan untuk forum, microblogging, jaringan sosial, bookmark sosial, kurasi sosial, dan wiki adalah salah satu jenis media sosial.

Berikut adalah beberapa contoh yang menonjol dari media sosial:

    Facebook adalah situs jejaring populer gratis sosial yang memungkinkan pengguna terdaftar untuk membuat profil, upload foto dan video, mengirim pesan dan tetap berhubungan dengan teman-teman, keluarga dan kolega. Menurut statistik dari Grup Nielsen, pengguna internet di Amerika Serikat menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook daripada website lain.


    Twitter adalah layanan microblogging gratis yang memungkinkan anggota terdaftar untuk menyiarkan tulisan pendek yang disebut tweets. anggota twitter dapat menyiarkan tweet dan mengikuti tweets pengguna lain dengan menggunakan berbagai platform dan perangkat.


    Google+ (diucapkan Google plus) adalah proyek jejaring sosial Google, yang dirancang untuk meniru cara orang berinteraksi secara offline lebih dekat daripada yang terjadi di layanan jejaring sosial lainnya. Slogan proyek ini adalah "berbagi kehidupan nyata dipikirkan kembali untuk web."


    Wikipedia adalah gratis, terbuka ensiklopedia online konten yang dibuat melalui upaya kolaboratif dari komunitas pengguna dikenal sebagai Wikipediawan. Siapapun yang terdaftar di situs dapat membuat sebuah artikel untuk publikasi; pendaftaran tidak diperlukan untuk mengedit artikel. Wikipedia didirikan pada bulan Januari 2001.


    LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang dirancang khusus untuk komunitas bisnis. Tujuan dari situs ini adalah untuk memungkinkan anggota terdaftar untuk membangun dan jaringan dokumen orang yang mereka kenal dan percaya profesional.


    Reddit adalah sebuah situs berita sosial dan forum di mana cerita secara sosial curated dan dipromosikan oleh anggota situs. Situs ini terdiri dari ratusan sub-komunitas, yang dikenal sebagai "subreddits." Setiap subreddit memiliki topik tertentu seperti teknologi, politik atau musik. Reddit anggota situs, juga dikenal sebagai, "redditors," mengirimkan konten yang kemudian divoting oleh anggota lain. Tujuannya adalah untuk mengirim cerita dianggap baik ke atas halaman thread utama situs.


    Pinterest adalah situs kurasi sosial untuk berbagi dan mengkategorikan gambar ditemukan secara online. Pinterest membutuhkan deskripsi singkat tapi fokus utama dari situs ini visual. Mengklik gambar akan membawa Anda ke sumber aslinya, jadi, misalnya, jika Anda klik pada gambar sepasang sepatu, Anda mungkin akan dibawa ke sebuah situs di mana Anda dapat membeli mereka. Gambar dari blueberry pancake mungkin membawa Anda ke resep; gambar dari sangkar burung aneh mungkin membawa Anda ke instruksi.

Brian Solis menciptakan grafik media sosial berikut, yang dikenal sebagai prisma percakapan, untuk mengkategorikan situs dan layanan sosial ke dalam berbagai jenis media sosial.


Sosial media menjadi bagian integral dari kehidupan online sebagai situs sosial dan aplikasi berkembang biak. Kebanyakan media online tradisional termasuk komponen sosial, seperti bidang komentar untuk pengguna. Dalam bisnis, media sosial digunakan untuk memasarkan produk, mempromosikan merek, terhubung ke pelanggan saat ini dan menumbuhkan bisnis baru.

analisis media sosial adalah praktek pengumpulan data dari blog dan social media website dan menganalisis data untuk membuat keputusan bisnis. Penggunaan paling umum dari analisis media sosial adalah untuk menambang sentimen pelanggan untuk mendukung kegiatan pemasaran dan layanan pelanggan.

Pemasaran sosial media (SMM) mengambil keuntungan dari jaringan sosial untuk membantu peningkatan perusahaan eksposur merek dan memperluas jangkauan pelanggan. Tujuannya biasanya untuk membuat konten yang cukup menarik bahwa pengguna akan berbagi dengan jaringan sosial mereka.

Salah satu komponen kunci dari SMM adalah sosial media optimasi (SMO). Seperti mesin pencari optimasi (SEO), SMO adalah strategi untuk menarik pengunjung baru dan unik untuk sebuah website. SMO dapat dilakukan dengan dua cara: dengan menambahkan link media sosial untuk isi seperti RSS feed dan tombol berbagi, atau dengan mempromosikan kegiatan melalui media sosial melalui update status, tweets, atau posting blog.

Sosial CRM (customer relationship marketing) dapat menjadi alat bisnis yang sangat kuat. Misalnya, mendirikan sebuah halaman Facebook memungkinkan orang yang suka merek Anda dan cara Anda melakukan bisnis untuk Like page Anda, yang menciptakan tempat untuk komunikasi, pemasaran dan jaringan. Melalui situs media sosial, Anda dapat mengikuti percakapan tentang merek Anda untuk data pasar real-time dan umpan balik.

Dari perspektif pelanggan, media sosial membuatnya mudah untuk mengatakan perusahaan dan orang lain tentang pengalaman mereka dengan perusahaan itu - apakah pengalaman-pengalaman baik atau buruk. bisnis juga dapat merespon sangat cepat umpan balik positif dan negatif, hadir untuk masalah pelanggan dan mempertahankan, mendapatkan kembali atau membangun kembali kepercayaan pelanggan.

Perusahaan jejaring sosial memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan individu yang berbagi kepentingan bisnis yang sama atau kegiatan. Internal, alat sosial dapat membantu karyawan mengakses informasi dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk bekerja sama secara efektif dan memecahkan masalah bisnis. Secara eksternal, publik platform media sosial membantu organisasi tetap dekat dengan pelanggan mereka dan membuatnya lebih mudah untuk melakukan penelitian yang dapat mereka gunakan untuk meningkatkan proses bisnis dan operasi.

Media sosial juga sering digunakan untuk crowdsourcing. Pelanggan dapat menggunakan situs jejaring sosial untuk menawarkan ide-ide untuk produk atau tweak masa depan untuk orang-orang saat ini. Dalam proyek TI, crowdsourcing biasanya melibatkan bisnis menarik dan blending dan layanan IT dari campuran penyedia internal dan eksternal, kadang-kadang dengan masukan dari pelanggan dan / atau masyarakat umum.

Di sisi lain, integrasi media sosial dalam dunia bisnis juga dapat menimbulkan tantangan. kebijakan media sosial yang dirancang untuk menetapkan harapan untuk perilaku yang tepat dan memastikan bahwa posting seorang karyawan tidak akan mengekspos perusahaan untuk masalah hukum atau malu publik. Kebijakan tersebut meliputi arahan ketika seorang karyawan harus mengidentifikasi dirinya sebagai wakil dari perusahaan pada situs jejaring sosial, serta aturan untuk apa jenis informasi dapat dibagi.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Yang Dimaksud Dengan Media Sosial"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya sobat,yang telah mampir di blog Mysozmed.jika ada hal yang ingin ditanyakan atau sekedar memberikan kritikan dan saran,silahkan sobat berkomentar dibawah ini.dengan catatan tidak melakukan spam,berkata tidak sopan atau memasang link aktif maka komentar sobat tidak akan di publish.oke sekian dan terima kasih.byebye